Categories
Pendidikan

Pengertian Protein Secara Umum dan Tingkat Strukturnya

Protein adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Dalam tubuh manusia, protein dapat menjadi nutrisi untuk otot dan daging.

Protein dapat ditemukan dengan mudah di beberapa makanan yang dikonsumsi manusia, seperti susu, telur, daging, kedelai, dan tahu. Hampir setiap hari, manusia menggunakan protein melalui berbagai makanan. Sayangnya, meskipun konsumsi terus setiap hari, kenyataannya adalah bahwa banyak orang tidak tahu apa protein. Bahkan, sebagai seseorang yang membutuhkan protein, kita perlu tahu apa protein dan bagaimana protein dapat digunakan dalam tubuh manusia.

Jadi, apa sebenarnya protein itu? Berapa tingkat struktur atau bentuk yang ada dalam protein?

Definisi Protein

Secara psikologis, protein sebenarnya berasal dari kata Yunani “Protos” yang berarti “paling penting”. Ketika ditafsirkan dari asal kata, protein mungkin menjadi bagian paling penting atau paling penting dari beberapa elemen.

Menurut Wikipedia, pemahaman tentang protein adalah kompleks organik yang merupakan kompleks berat molekul besar yang merupakan polimer monomer asam amino yang berinteraksi dengan ikatan peptida.

Tingkat Struktur Protein

Secara umum, struktur protein dapat dibagi menjadi empat tingkatan struktur:

1. Struktur Utama

Struktur primer adalah struktur utama dalam protein. Struktur utama terdiri dari asam amino yang membuat protein terkait dengan ikatan amida atau peptida. Panjang dan urutan struktur primer protein adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi fungsi protein.

2. Struktur Sekunder

Struktur sekunder adalah struktur protein tiga dimensi lokal yang terbentuk dari sejumlah struktur asam amino stabil yang distabilkan oleh ikatan hidrogen dengan struktur primer protein. Beberapa struktur sekunder yang terlibat dalam protein adalah alfa helix, beta-turn, beta-sheet, dan gamma-turn.

3. Struktur tersier

Struktur tersier adalah level ketiga dalam struktur protein. Struktur tersier adalah kombinasi dari berbagai jenis molekul yang ada dalam struktur sekunder. Struktur tersier yang terkandung dalam protein biasanya hadir dalam bentuk kelumpuhan tertentu. Beberapa model protein tersier biasanya dapat berinteraksi secara fisik tanpa membentuk ikatan kovalen spesifik dan membentuk oligomer yang stabil atau struktur kuaterner.

4. Struktur kuartener

Struktur quartener adalah level akhir dari struktur protein. Beberapa contoh struktur kuaterner yang dapat dengan mudah ditemukan dalam beberapa makanan adalah insulin serta enzim Rubisco.

Diatas adalah sedikit informasi tentang pemahaman protein dan beberapa tingkat struktur di dalamnya. Semoga ini bermanfaat!

Baca Juga: